JOBSHEET TEKNOLOGI PERKANTORAN
Membuat Blog
KEWIRAUSAHAAN
“ Usaha Laundry ”
A.Latar Belakang
Usaha
Latar belakang pemilihan usaha laundry
adalah adanya kecenderungan gaya hidup praktis dan menyerahkan urusan cucian ke
jasa laundry. Selain karena perubahan gaya hidup juga karena tuntutan kesibukan
yang memakan waktu dan tenaga, karyawan dan mahasiswa bahkan ibu rumah tangga
yang merasa tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, dan energi mereka sudah
digunakan untuk aktifitas mereka yang padat, sehingga lebih memilih menyerahkan
pada jasa laundry, kondisi cuaca yang berubah saat ini, lebih sering hujan
mengakibatkan pakaian cepat kotor, menjemur pakaian menjadi lama di proses
pengeringannya dan trend menggunakan jasa laundry juga sudah menjadi gaya hidup
masyarakat
B.
Pembahasan
Alecha Laundry ini tidak hanya menyediakan fasilitas cuci
setrika pakaian saja, tetapi juga menyediakan fasilitas cuci dan setrika non
pakaian (tidak dihitung berdasarkan hitungan kilogram)
a. Jasa yang
dihasilkan
1) Jasa cuci dan pengeringan
Menyediakan
layanan jasa mencuci dan mengeringkan pakaian. Dengan metode-metode pencucian
yang baik, seperti :
a) Sebelum mencuci memilih pakaian berdasarkan tingkat
kekotorannya dan pemisahan baju antara baju putih dan berwarna
b) Tidak merendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang
disablon terlalu lama di dalam larutan deterjen agar tidak rusak
c) Menggunakan sabun bermutu baik, dengan deterjen yang
dapat membunuh kuman dan kotoran-kotoran yang menempel di pakaian
2) Jasa cuci, pengeringan, dan setrika
Menyediakan
layanan jasa mencuci,mengeringkan, dan menyetrika pakaian. Untuk jasa setrika, Alecha laundry akan memberikan pelayanan yang terbaik, seperti
:
a) Menggunakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan
lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya
b) Menyetrika baju sesuai aturan yang tertera pada label
pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang.
3) Layanan antar jemput
Alecha laundry juga menyediakan jasa layanan antar jemput,
sehingga dapat memudahkan konsumen. Untuk biaya antar jemput jika berada di
sekitar daerah tersebut tidak dikenakan biaya sedangkan untuk wilayah yang jauh
dikenakan biaya sesuai jauhnya jarak
b. Keunggulan
Beberapa
keunggulan yang dimiliki oleh Alecha laundry adalah :
1) Tempat yang nyaman
dan strategis
2) Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan
kualitas)
3) Harga terjangkau
4) Tersedia area basah dan kering, sehingga tidak mengganggu
proses pencucian, pengeringan dan setrika.
c. Nilai Tambah
Nilai tambah yang
bisa diberikan bagi pelanggan, berupa :
1) Menggunakan sabun bermutu baik
2) Pewangi pakaian tahan lama
3) Cucian bersih, pemisahan baju putih dan berwarna
4) Cucian tidak dicampur dengan orang lain
5) Kontrol terhadap kepemilikan baju yang baik, sehingga
tidak ada baju yang hilang
6) Perawatan warna baju yang baik
7) Discount untuk pelanggan, discount untuk 10 kali cuci
8) Layanan antar jemput
Berikut video tentang
Cara Usaha Laundry :
C. Kesimpulan
Semua
orang ingin semuanya serba praktis. Walaupun sering sekali kita harus
mengeluarkan uang yang cukup besar untuk kesibukan yang sangat padat, dan tidak
adanya waktu membuat semua itu menjadi mungkin. Kesibukan di kantor, ataupun di
kampus membuat seseorang tak memiliki waktu cukup luang, bahkan untuk mencuci
pakaiannya sendiri. Hal inilah yang menginspirasi berdirinya bisnis laundry.
Bisnis laundry sangat potensial terutama di daerah dimana
dekat kos-kosan, dekat perumahan dan banyak pasangan suami istri yang sibuk
bekerja. Bisnis laundry pun sangat memungkinkan pengusaha mendapat untung yang
besar karena dapat dipastikan setiap hari pakaian kotor akan selalu ada.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TEKNOLOGI PERKANTORAN
“ Teleconference
”
A. Latar Belakang
Salah
satu manfaat dan keuntungan perkembangan teknologi jaringan dan informasi
adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Orang dapat melakukan aktivitas tanpa
harus berpergian dan membuang-buang waktu untuk menghabiskan waktu yang dilakukan
dari perjalanan dan tentunya juga menghemat biaya. Hal tersebut dapat menunjang
efiensi waktu dan biaya pada sebuah
organisasi atau perusahaan.
Pada
saat ini orang dapat melakukan suatu pertenuan bisnis dengan rekannya tanpa
harus meninggalkan tempat orang tersebut bekerja.sebut saja teknologi teleconference. Teknologi ini sngat
memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Komunikasi tersebut meliputi gambar
dan suara sehingga pihak pertama dan kedua ataupun ketiga seolah-olah
bertatapan langsung antara beberapa pihak yang berlangsungbsecara interaktif
dan realtime.
B. Pembahasan
1. Pengertian Teleconference
Teleconference
atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung diantara
beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan
dihubungkan oleh suat sistem telekomunikasi.
“Pertemuan
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telepon atau
koneksi jaringan (Internet).”
Pertemuan
tersebut bisa menggunakan suaru (audio conference) atau menggunakan audio-video
(video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan
mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa.
2. jenis-jenis teleconference
A.
AUDIO CONFERENCE (CONFERENCE
CALL)
yaitu percakapan duat atau lebih
partisipan dengan menggunakan fasilitas telepon dimana komunikasi yang terjadi
antara partisipan hanya dalam bentuk suara (audio).
Kelebihan
conference call
- Partisipan hanya perlu
menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa alat atau
soffware tambahan
- Dapat digunakan kapan dan
dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan
digunakan
- Tanpa perlu koneksi internet
yang cepat. Karena menggunakan layanan jalur telepon.
B. Video Conference
Yaitu teknologi komunikasi yang
mengijinkan terjadinya komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara
simultan dapat mengirimkan gambar video dan suara.
Untuk
melakukan video conference dapat memanfaatkan jaringan IP (melalui Internet)
dan teknologi ISDN (Integrated Servis Digital Network).
Kelebihan :
- · Dapat melihat secara langsung (tampilan visual) dan mendengar suara secara bersamaan.
Kekurangan :
- · Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (camera atau webcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) dan audio output (speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet.
- · Biaya yang relative mahal
C.
Web Conference
yaitu fasilitas tekekonferensi interaktif yang
menawarkan fitur data stream (aliran data) lebih lengkap dimana partisipan
dapat berkomunikasi secara simultan menggunakan teks, suara, video hingga
berbagi file (file sharing) atau melakukan slide presentasion.
Untuk menjalankan web conference
biasanya menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider
web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi internet
khususnya TC/IP connection.
Untuk melakukan web conference cukup
menggunakan perangkat computer yang dilengkapi dengan perangkat multimedia yang
memadai seperti webcam, microphone dan speaker, serta koneksi internet. Web conference banyak digunakan
untuk kegiatan-kegiatan seperti seminar atau workshop online.
3. Manfaat teleconference
- Membantu individu maupun
kelompok untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan relative murah
dalam pelaksanaan konseling
- Memberikan kesempatan kepada
individu untuk berkomunikasi lebih baik dengan menggunakan informasi yang
mereka terima tanpa perlu bertemu secara fisik (cyber counseling)
- Walaupun kegiatan komunikasi
dilakukan dengan jarak jauh namun kerahasiaan konseling harus tetap
terjaga
- Dapat menghemat waktu
komunikasi karena dapat melakukan layanan dimana saja walaupun tempatnya
berjauhan
- Memberikan peluang klien
untuk mengakses layanan dari lokasi terpencil
- Mengurangi kesulitan
penjadwalan
4. Aplikasi teleconference
- ooVoo
Merupakan aplikasi mengagumkan yang
sering digunakan untuk melakukan video call, bahkan untuk melakukan video call
group juga bisa. Pada ooVoo, kita bisa video chat dengan 12 orang yang berbeda
pada saat bersamaan, juga dapat digunakan merekam seluruh video chat.
- Google Hangouts
yaitu
layanan video chat gratis dari google yang memungkinkan face to face chatting
kelompok dengan 10 orang sekaligus.
c.
iVisit
memungkinkan anda untuk berbicara tatap muka
dengan teman, keluarga dan rekan dari mana saja dan gratis. Fitur terbaik dari
iVisit termasuk video dan audio chatting, dan juga kita dapat berbagi dokumen
saat panggilan dan juga kita dapat melihat desktop orang lain dengan siapa kita
melakukan panggilan video call
d.
Skype
Skype merupakan salah satu software
video call terbaik yang gratis, karena sangat mudah digunakan untuk melakukan
panggilan video call dan audio call. Skype adalah aplikasi VoIP (Voice over
Internet Protokol) popular yang mampu membuat panggilan video call antara PC ke
PC dan PC ke Ponsel, asalkan support dengan webcam.
- Line
Line dalam versi terbaru sudah
support video call untuk bertatap muka jarak jauh secara langsung.
5. Peralatan Telekonference
1. Komputer/PC/Laptop/Smartphone
yang terkoneksi internet
2. Web Cam
3. Speaker/ Headfree / Headshet
4. Microphone
6. Cara Menggunakan Teleconference
Dari
beberapa aplikasi teleconference diatas, semua penggunaan nya sudah familiar
dikehidupan modern ini.
“
Dan syarat yang paling dasar dalam menggunakan aplikasi teleconference diatas
adalah memiliki akun dan terdaftar dalam aplikasi-aplikasi tersebut. ”
Berikut Video
Tutorial Video Conference melalui aplikasi Sype :
C. Kesimpulan
Teleconference
atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung diantara
beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan
dihubungkan oleh suat sistem telekomunikasi. Yang biasanya menggunakan beberapa
aplikasi seperti Google Hangouts, Skype, Line, iVisit, ooVoo dan membutuhkan
peralatan seperti Komputer/PC/Laptop/Smartphone yang terkoneksi internet, Web Cam, Speaker/ Headfree / Headshet, dan Microphone.
Selain itu,
teleconference juga memiliki banyak manfaat seperti membantu
individu maupun kelompok untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah, memberikan
kesempatan kepada individu untuk berkomunikasi lebih baik dengan menggunakan
informasi yang mereka terima tanpa perlu bertemu secara fisik (cyber
counseling), dapat menghemat waktu komunikasi karena dapat melakukan layanan
dimana saja walaupun tempatnya berjauhan, memberikan peluang klien untuk mengakses
layanan dari lokasi terpencil, dan mengurangi kesulitan penjadwalan.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ADMINISTRASI BERBASIS IT
“Elektronik Toll (E-Toll)”
a.
Latar belakang
Sekitar tahun 2006 an, muncul konsep cashless yang
lain yaitu e-wallet, konsep yang diluar negeri sudah menjadi kebutuhan primer
untuk pembayaran. Contohnya di Jepang, pembayaran cukup dengan Tapping
handphone mereka di alat penerima.
Sedangkan di Indonesia, Flazz-lah yang pertama kali
di kenalkan oleh BCA. Konsep yang menurut saya sedikit tumpang tindih dengan
Debit ATM, namun cukup praktis juga untuk menipiskan dompet kita yang tebal
gara-gara denominasi mata uang kita yang kecil. Kurang lebih bersamaan, E-Toll Card
pun diluncurkan oleh Mandiri, diawali dengan kerjasama dengan pihak PT Jasa
Marga sebagai solusi pembayaran cepat (tinggal Tap).
Walau dengan awal yang cukup sedikit meresahkan
dengan pemotongan dana berlebih, namun cukup sukses dikemudian hari. Ditambah
dengan gerbang khusus unattended post khusus pemilik kartu e-toll ini.
Kemudian, dilanjutkan ke mitra-mitra nya seperti AlfaMart yang dapat
menggunakan wallet ini.
b. Pembahasan
1. Definisi E-Toll
E-Toll adalah kartu
elektronik yang digunkan untuk membayar biaya masuk jalan tol di sebagian
daerah Indonesia. Pengguna e-toll hanya perlu menempelkan kartu untuk membayar
uang tol dalam waktu 4 detik, lebih cepat dibandingkan bila membayar secara
tunai yang membutuhkan waktu 7 detik.
Penggunaan e-toll juga
mengurangi biaya operasional karena hanya diperlukan biaya untuk mengumpulkan,
menyetor, dan memindahkan uang tunai dari dan ke bank. Selain menjadi langkah
awal dalam modernisasi pengumpulan uang, penggunaan e-toll juga dimaksudkan
untuk mengurangi pelanggaran (moral hazard) karena petugas tol tidak menerima
pembayaran secara langsung.
Kartu ini dikeluarkan
oleh kerjasama PT Jasa Marga Tbk, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, Bank
Mandiri, dan PT Marga Mandala Sakti. Pada tahap awal (Januari 2009), kartu ini
hanya dapat digunakan di tiga jalur tol yaitu Cawang – Tomang – Cengkareng,
Cawang – Tanjung Priok – Pluit, dan Cikupa – Merak. Rencanakan, kartu ini akan
diaplikasikan untuk pembayaran bahan bakar di pom bensin dan sebagai alat
pembayaran di area peristirahatan (rest area) tol.
2. Fitur dan Cara transaksi
Fitur e-Toll antara lain
adalah sebagai pengganti uang cash untuk transaksi
pembayaran tol, kartu dapat dipindahkan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi
ulang, memiliki saldo maksimal Rp. 1 juta dan saldo minimal Rp. 10 ribu. adapun
manfaat e-toll adalah :
- Sebagai pengganti uang tunai
- Transaksi pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash
- Dapat digunakan untuk transaksi di luar merchant tol (Indomaret, SPBU, beberapa mechant F&B, dsb)
Jika kita ingin bertransaksi via mendiri internet
langkahnya adalah sebagai berikut :
- Anda harus memiliki
rekening Mandiri Tabungan/Mandiri Giro.
- Anda harus
terdaftar sebagai user mandiri internet (pendaftaran
melalui ATM/Cabang).
- Setelah Pendaftaran
di ATM/Cabang lakukan pembuatan USER ID & Password di website Bank
Mandiri (menu aktivasi pengguna baru).
- Anda harus
mempunyai Token Mandiri (diperoleh melalui cabang).
- Untuk informasi
lebih jelas dapat mengunjungi situs bank mandiri
3. Kelebihan e-toll
Layanan terhadap
pengguna e-toll card melalui pengembangan layanan gardu tol otomatis (GTO) yang
memberikan kecepatan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi e-toll card.
Waktu transaksi di gardu tol akan lebih cepat atau efisien tanpa harus
berinteraksi dengan petugas tol. Bahkan pengemudi tidak perlu menghentikan
mobil pada saat melakukan transaksi pembayaran tarif tol dengan e-Toll Card,
hanya saja si pengemudi bisa memperlambat kecepatan mobilnya.
Jika transaksi di gardu
tol dengan sistem terbuka pembayaran dengan uang tunai dibutuhkan waktu sekitar
tujuh detik, maka dengan menggunakan e- Toll Card ini bisa kurang dari empat
detik. Dengan layanan e-Toll Card ini diharap akan mempercepat pembayaran dan
bisa menyingkat waktu sehingga antrean panjang disekitar gerbang tol tidak
terjadi lagi seperti biasanya
4. Kekurangan e-toll
Penggunaan kartu e-toll
ini masih ada kelemahan yaitu diterbitkan oleh pihak bank dengan sistem
prabayar, memiliki nilai minimum nominal dan hanya bisa dipergunakan pada
beberapa ruas. Pelayanan antara konsumen pengguna e- toll dan pembayaran tunai
pun masih dalam antrian yang sama, sehingga dampaknya belum terlalu terasa.
Secara konstruksi hukum pun hubungan antara operator dengan pihak penerbit
kartu e-toll, dalam hal ini pihak bank merupakan hubungan kerjasama dalam hal
pembayaran.
C. Kesimpulan
Dengan e-toll sebenar
nya lebih memudahkan para pengguna jalan jika penerapan nya bisa lebih di
optimalkan, tetapi perlu juga di realisasikan penggunaan nya kepada masyarakat /
pengguna agar lebih mengerti tata cara e-toll ini. Untuk kedepannya mungkin
e-toll ini bisa menjadi solusi untuk bisa mempermudah masyrarakat dalam
bertransaksi khusu nya di jalan tol.
Berikut video Cara
Menggunakan E-Toll :
Komentar
Posting Komentar