JOBSHEET TEKNOLOGI PERKANTORAN

Membuat Blog

KEWIRAUSAHAAN
Usaha Laundry



        A.Latar Belakang Usaha

        Latar belakang pemilihan usaha laundry adalah adanya kecenderungan gaya hidup praktis dan menyerahkan urusan cucian ke jasa laundry. Selain karena perubahan gaya hidup juga karena tuntutan kesibukan yang memakan waktu dan tenaga, karyawan dan mahasiswa bahkan ibu rumah tangga yang merasa tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, dan energi mereka sudah digunakan untuk aktifitas mereka yang padat, sehingga lebih memilih menyerahkan pada jasa laundry, kondisi cuaca yang berubah saat ini, lebih sering hujan mengakibatkan pakaian cepat kotor, menjemur pakaian menjadi lama di proses pengeringannya dan trend menggunakan jasa laundry juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat

B. Pembahasan
Alecha Laundry ini tidak hanya menyediakan fasilitas cuci setrika pakaian saja, tetapi juga menyediakan fasilitas cuci dan setrika non pakaian (tidak dihitung berdasarkan hitungan kilogram)
a.     Jasa yang dihasilkan

1)    Jasa cuci dan pengeringan
Menyediakan layanan jasa mencuci dan mengeringkan pakaian. Dengan metode-metode pencucian yang baik, seperti :
a)    Sebelum mencuci memilih pakaian berdasarkan tingkat kekotorannya dan pemisahan baju antara baju putih dan berwarna
b)   Tidak merendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama di dalam larutan deterjen agar tidak rusak
c)    Menggunakan sabun bermutu baik, dengan deterjen yang dapat membunuh kuman dan kotoran-kotoran yang menempel di pakaian
2)    Jasa cuci, pengeringan, dan setrika
Menyediakan layanan jasa mencuci,mengeringkan, dan menyetrika pakaian. Untuk jasa setrika, Alecha laundry akan memberikan pelayanan yang terbaik, seperti :
a)    Menggunakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya
b)   Menyetrika baju sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang.
3)   Layanan antar jemput
Alecha laundry juga menyediakan jasa layanan antar jemput, sehingga dapat memudahkan konsumen. Untuk biaya antar jemput jika berada di sekitar daerah tersebut tidak dikenakan biaya sedangkan untuk wilayah yang jauh dikenakan biaya sesuai jauhnya jarak

b.    Keunggulan

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Alecha laundry adalah :
1)    Tempat yang nyaman dan strategis
2)    Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas)
3)    Harga terjangkau
4)     Tersedia area basah dan kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, pengeringan  dan setrika.

 c.   Nilai Tambah

Nilai tambah yang bisa diberikan bagi pelanggan, berupa :
1)      Menggunakan sabun bermutu baik
2)      Pewangi pakaian tahan lama
3)      Cucian bersih, pemisahan baju putih dan berwarna
4)      Cucian tidak dicampur dengan orang lain
5)      Kontrol terhadap kepemilikan baju yang baik, sehingga tidak ada baju yang hilang
6)      Perawatan warna baju yang baik
7)      Discount untuk pelanggan, discount untuk 10 kali cuci
8)      Layanan antar jemput

Berikut video tentang Cara Usaha Laundry :




C. Kesimpulan
        Semua orang ingin semuanya serba praktis. Walaupun sering sekali kita harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk kesibukan yang sangat padat, dan tidak adanya waktu membuat semua itu menjadi mungkin. Kesibukan di kantor, ataupun di kampus membuat seseorang tak memiliki waktu cukup luang, bahkan untuk mencuci pakaiannya sendiri. Hal inilah yang menginspirasi berdirinya bisnis laundry.
        Bisnis laundry sangat potensial terutama di daerah dimana dekat kos-kosan, dekat perumahan dan banyak pasangan suami istri yang sibuk bekerja. Bisnis laundry pun sangat memungkinkan pengusaha mendapat untung yang besar karena dapat dipastikan setiap hari pakaian kotor akan selalu ada. 



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


TEKNOLOGI PERKANTORAN
Teleconference



A. Latar Belakang

Salah satu manfaat dan keuntungan perkembangan teknologi jaringan dan informasi adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Orang dapat melakukan aktivitas tanpa harus berpergian dan membuang-buang waktu untuk menghabiskan waktu yang dilakukan dari perjalanan dan tentunya juga menghemat biaya. Hal tersebut dapat menunjang efiensi waktu dan  biaya pada sebuah organisasi atau perusahaan.
Pada saat ini orang dapat melakukan suatu pertenuan bisnis dengan rekannya tanpa harus meninggalkan tempat orang tersebut bekerja.sebut saja teknologi teleconference. Teknologi ini sngat memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Komunikasi tersebut meliputi gambar dan suara sehingga pihak pertama dan kedua ataupun ketiga seolah-olah bertatapan langsung antara beberapa pihak yang berlangsungbsecara interaktif dan realtime.

B. Pembahasan

1. Pengertian Teleconference

Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung diantara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suat sistem telekomunikasi.
“Pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telepon atau koneksi jaringan (Internet).”
Pertemuan tersebut bisa menggunakan suaru (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa.      
  
2. jenis-jenis teleconference

A.     AUDIO CONFERENCE (CONFERENCE CALL)
            yaitu percakapan duat atau lebih partisipan dengan menggunakan fasilitas telepon dimana komunikasi yang terjadi antara partisipan hanya dalam bentuk suara (audio).
Kelebihan conference call
  1. Partisipan hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa alat atau soffware tambahan
  2. Dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan digunakan
  3. Tanpa perlu koneksi internet yang cepat. Karena menggunakan layanan jalur telepon.
           B. Video Conference
           Yaitu teknologi komunikasi yang mengijinkan terjadinya komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara simultan dapat mengirimkan gambar video dan suara.
  Untuk melakukan video conference dapat memanfaatkan jaringan IP (melalui Internet) dan teknologi ISDN (Integrated Servis Digital Network).

Kelebihan :
  • ·       Dapat melihat secara langsung (tampilan visual) dan mendengar suara secara bersamaan.
Kekurangan :
  • ·     Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (camera atau webcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) dan audio output (speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet.
  • ·     Biaya yang relative mahal

C. Web Conference
             yaitu fasilitas tekekonferensi interaktif yang menawarkan fitur data stream (aliran data) lebih lengkap dimana partisipan dapat berkomunikasi secara simultan menggunakan teks, suara, video hingga berbagi file (file sharing) atau melakukan slide presentasion.
            Untuk menjalankan web conference biasanya menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi internet khususnya TC/IP connection.
             Untuk melakukan web conference cukup menggunakan perangkat computer yang dilengkapi dengan perangkat multimedia yang memadai seperti webcam, microphone dan speaker, serta koneksi internet. Web conference banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti seminar atau workshop online.

3. Manfaat teleconference
  1. Membantu individu maupun kelompok untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan relative murah dalam pelaksanaan konseling
  2. Memberikan kesempatan kepada individu untuk berkomunikasi lebih baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu bertemu secara fisik (cyber counseling)
  3. Walaupun kegiatan komunikasi dilakukan dengan jarak jauh namun kerahasiaan konseling harus tetap terjaga
  4. Dapat menghemat waktu komunikasi karena dapat melakukan layanan dimana saja walaupun tempatnya berjauhan
  5. Memberikan peluang klien untuk mengakses layanan dari lokasi terpencil
  6. Mengurangi kesulitan penjadwalan 

4. Aplikasi teleconference
  1. ooVoo
         Merupakan aplikasi mengagumkan yang sering digunakan untuk melakukan video call, bahkan untuk melakukan video call group juga bisa. Pada ooVoo, kita bisa video chat dengan 12 orang yang berbeda pada saat bersamaan, juga dapat digunakan merekam seluruh video chat.
  1. Google Hangouts
         yaitu layanan video chat gratis dari google yang memungkinkan face to face chatting kelompok dengan 10 orang sekaligus.
 c.    iVisit

           memungkinkan anda untuk berbicara tatap muka dengan teman, keluarga dan rekan dari mana saja dan gratis. Fitur terbaik dari iVisit termasuk video dan audio chatting, dan juga kita dapat berbagi dokumen saat panggilan dan juga kita dapat melihat desktop orang lain dengan siapa kita melakukan panggilan video call     
      d.   Skype

       Skype merupakan salah satu software video call terbaik yang gratis, karena sangat mudah digunakan untuk melakukan panggilan video call dan audio call. Skype adalah aplikasi VoIP (Voice over Internet Protokol) popular yang mampu membuat panggilan video call antara PC ke PC dan PC ke Ponsel, asalkan support dengan webcam.
  1. Line
      Line dalam versi terbaru sudah support video call untuk bertatap muka jarak jauh secara langsung.

5. Peralatan Telekonference
           1. Komputer/PC/Laptop/Smartphone yang terkoneksi internet
           2. Web Cam
           3. Speaker/ Headfree / Headshet
           4. Microphone

6. Cara Menggunakan Teleconference

Dari beberapa aplikasi teleconference diatas, semua penggunaan nya sudah familiar dikehidupan modern ini.
“ Dan syarat yang paling dasar dalam menggunakan aplikasi teleconference diatas adalah memiliki akun dan terdaftar dalam aplikasi-aplikasi tersebut. ”

Berikut Video Tutorial Video Conference melalui aplikasi Sype :




C. Kesimpulan

Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung diantara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suat sistem telekomunikasi. Yang biasanya menggunakan beberapa aplikasi seperti Google Hangouts, Skype, Line, iVisit, ooVoo dan membutuhkan peralatan seperti Komputer/PC/Laptop/Smartphone yang terkoneksi internet,  Web Cam, Speaker/ Headfree / Headshet, dan Microphone. 

Selain itu, teleconference juga memiliki banyak manfaat seperti membantu individu maupun kelompok untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah, memberikan kesempatan kepada individu untuk berkomunikasi lebih baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu bertemu secara fisik (cyber counseling), dapat menghemat waktu komunikasi karena dapat melakukan layanan dimana saja walaupun tempatnya berjauhan,  memberikan peluang klien untuk mengakses layanan dari lokasi terpencil, dan mengurangi kesulitan penjadwalan.





-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




ADMINISTRASI BERBASIS IT
Elektronik Toll (E-Toll)



a. Latar belakang
Sekitar tahun 2006 an, muncul konsep cashless yang lain yaitu e-wallet, konsep yang diluar negeri sudah menjadi kebutuhan primer untuk pembayaran. Contohnya di Jepang, pembayaran cukup dengan Tapping handphone mereka di alat penerima.
Sedangkan di Indonesia, Flazz-lah yang pertama kali di kenalkan oleh BCA. Konsep yang menurut saya sedikit tumpang tindih dengan Debit ATM, namun cukup praktis juga untuk menipiskan dompet kita yang tebal gara-gara denominasi mata uang kita yang kecil. Kurang lebih bersamaan, E-Toll Card pun diluncurkan oleh Mandiri, diawali dengan kerjasama dengan pihak PT Jasa Marga sebagai solusi pembayaran cepat (tinggal Tap).
Walau dengan awal yang cukup sedikit meresahkan dengan pemotongan dana berlebih, namun cukup sukses dikemudian hari. Ditambah dengan gerbang khusus unattended post khusus pemilik kartu e-toll ini. Kemudian, dilanjutkan ke mitra-mitra nya seperti AlfaMart yang dapat menggunakan wallet ini. 

 b. Pembahasan


1. Definisi E-Toll
E-Toll adalah kartu elektronik yang digunkan untuk membayar biaya masuk jalan tol di sebagian daerah Indonesia. Pengguna e-toll hanya perlu menempelkan kartu untuk membayar uang tol dalam waktu 4 detik, lebih cepat dibandingkan bila membayar secara tunai yang membutuhkan waktu 7 detik.
Penggunaan e-toll juga mengurangi biaya operasional karena hanya diperlukan biaya untuk mengumpulkan, menyetor, dan memindahkan uang tunai dari dan ke bank. Selain menjadi langkah awal dalam modernisasi pengumpulan uang, penggunaan e-toll juga dimaksudkan untuk mengurangi pelanggaran (moral hazard) karena petugas tol tidak menerima pembayaran secara langsung.
Kartu ini dikeluarkan oleh kerjasama PT Jasa Marga Tbk, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, Bank Mandiri, dan PT Marga Mandala Sakti. Pada tahap awal (Januari 2009), kartu ini hanya dapat digunakan di tiga jalur tol yaitu Cawang – Tomang – Cengkareng, Cawang – Tanjung Priok – Pluit, dan Cikupa – Merak. Rencanakan, kartu ini akan diaplikasikan untuk pembayaran bahan bakar di pom bensin dan sebagai alat pembayaran di area peristirahatan (rest area) tol.
2. Fitur dan Cara transaksi
Fitur e-Toll antara lain adalah sebagai pengganti uang  cash  untuk transaksi pembayaran tol, kartu dapat dipindahkan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang, memiliki saldo maksimal Rp. 1 juta dan saldo minimal Rp. 10 ribu. adapun manfaat e-toll adalah :
  • Sebagai pengganti uang tunai
  • Transaksi pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash
  • Dapat digunakan untuk transaksi di luar merchant  tol (Indomaret, SPBU, beberapa mechant  F&B, dsb)

Jika kita ingin bertransaksi via mendiri internet langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Anda harus memiliki rekening Mandiri Tabungan/Mandiri Giro.
  • Anda harus terdaftar sebagai user mandiri internet (pendaftaran melalui ATM/Cabang).
  • Setelah Pendaftaran di ATM/Cabang lakukan pembuatan USER ID & Password di website Bank Mandiri (menu aktivasi pengguna baru).
  • Anda harus mempunyai Token Mandiri (diperoleh melalui cabang).
  • Untuk informasi lebih jelas dapat mengunjungi situs bank mandiri
3. Kelebihan e-toll
Layanan terhadap pengguna e-toll card melalui pengembangan layanan gardu tol otomatis (GTO) yang memberikan kecepatan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi e-toll card. Waktu transaksi di gardu tol akan lebih cepat atau efisien tanpa harus berinteraksi dengan petugas tol. Bahkan pengemudi tidak perlu menghentikan mobil pada saat melakukan transaksi pembayaran tarif tol dengan e-Toll Card, hanya saja si pengemudi bisa memperlambat kecepatan mobilnya.
Jika transaksi di gardu tol dengan sistem terbuka pembayaran dengan uang tunai dibutuhkan waktu sekitar tujuh detik, maka dengan menggunakan e- Toll Card ini bisa kurang dari empat detik. Dengan layanan e-Toll Card ini diharap akan mempercepat pembayaran dan bisa menyingkat waktu sehingga antrean panjang disekitar gerbang tol tidak terjadi lagi seperti biasanya
4. Kekurangan e-toll 
Penggunaan kartu e-toll ini masih ada kelemahan yaitu diterbitkan oleh pihak bank dengan sistem prabayar, memiliki nilai minimum nominal dan hanya bisa dipergunakan pada beberapa ruas. Pelayanan antara konsumen pengguna e- toll dan pembayaran tunai pun masih dalam antrian yang sama, sehingga dampaknya belum terlalu terasa. Secara konstruksi hukum pun hubungan antara operator dengan pihak penerbit kartu e-toll, dalam hal ini pihak bank merupakan hubungan kerjasama dalam hal pembayaran.

C. Kesimpulan
Dengan e-toll sebenar nya lebih memudahkan para pengguna jalan jika penerapan nya bisa lebih di optimalkan, tetapi perlu juga di realisasikan penggunaan nya kepada masyarakat / pengguna agar lebih mengerti tata cara e-toll ini. Untuk kedepannya mungkin e-toll ini bisa menjadi solusi untuk bisa mempermudah masyrarakat dalam bertransaksi khusu nya di jalan tol.

Berikut video Cara Menggunakan E-Toll :


Kelompok 4 ( X AP 2 )
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posingan Pertama Annisa N